Jaringan komputer

| Posted in | Posted on Senin, Januari 02, 2012

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer, dan perangkat jaringan yang saling terhubung menggunakan media komunikasi/telekomunikasi dengan memakai protokol yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Konsep jaringan komputer ditemukan mulai tahun 1940-an. Konsep itu muncul dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University Amerika yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada awalnya proyek ini hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun ( batch processing ), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
Dengan dibuatnya super komputer pada tahun 1950-an, maka sebuah komputer harus melayani beberapa node. Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan komputer (network) diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa node terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Memasuki tahun 1970-an, mulailah digunakan konsep pemroses terdistribusi (distributed processing) setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar sangat mahal. Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa node yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses ini sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain pemroses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani node-nodenya dalam satu perintah dari komputer pusat .
Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil menurun dan konsep pemroses terdistribusi sudah matang, maka penggunaan jaringan komputer mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer saja (peer to peer) tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan komputer yang besar, yaitu WAN (Wide Area Network).

Comments (0)

Posting Komentar